SP4N-LAPOR! Menuju Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Di Indonesia, pengelolaan pengaduan terkait pelayanan publik dalam setiap lembaga pemerintahan belum sepenuhnya efektif dan terintegrasi. Hingga saat ini, berbagai lembaga pemerintah mengelola pengaduan secara parsial dan seringkali tidak terkoordinasi dengan baik. Akibatnya, terjadi duplikasi dalam penanganan pengaduan atau bahkan ada kasus di mana pengaduan tidak ditangani oleh lembaga pemerintah karena dianggap bukan kewenangannya. Oleh […]

Mengenal Jenis Informasi di Lingkungan BPK

Dalam upaya mewujudkan tata kelola negara yang transparan, salah satu unsur kunci yang tak terelakkan adalah hak masyarakat untuk mendapatkan informasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hak atas informasi menjadi sangat penting karena semakin terbuka suatu negara untuk pengawasan publik, semakin bertanggung jawab pula penyelenggaraan negara tersebut. Hak setiap individu untuk mendapatkan informasi juga memiliki […]

Inspektorat: Pengenalan dan Pemahaman Peran Vitalnya

Inspektorat adalah sebuah lembaga yang memiliki tanggung jawab penting dalam melakukan pemeriksaan, pengawasan, dan evaluasi terhadap beragam aspek dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di suatu organisasi atau instansi pemerintahan. Tujuan utama dari eksistensi inspektorat adalah untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, efektivitas, dan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Inspektorat memegang peran kunci dalam menjaga integritas dan kualitas […]

Sosialisasi Saber Pungli Kabupaten Sintang

Bertempat di Aula Kantor Camat Ketungau Tengah dilaksanakan kegiatan “Sosialisasi Saber Pungli Kabupaten Sintang” Sosialisasi Saber Pungli dipaparkan oleh Polres sintang dan dihadiri oleh Tim Satgas Saber Pungli, Kapolsek Ketungau Tengah, Perwakilan Danramil, Kepala Desa di Kecamatan Ketungau Tengah, ASN di Kantor Camat Ketungau Tengah, dan Perwakilan Guru yang bertugas di Kecamatan Ketungau Tengah. (Selasa, […]

Podcast Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi SP4N-LAPOR!

Inspektur Kabupaten Sintang, Dra. Ardatin menghadiri sekaligus menjadi Narasumber pada Podcast dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi SP4N-LAPOR! Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Sintang. Selain Inspektur, yang menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Perwakilan dari Forum Komunitas Masyarakat Sipil (Ade Muhammad Iswandi), Ketua Dewan Pertimbangan PPDI (Redina) dan Pengelola Aplikasi Pengaduan di Inspektorat Kabupaten […]